Monday, March 26, 2018

Contoh Laporan Penelitian



                                                                       BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Umum
         Mata adalah salah satu dari lima indera yang diberikan sejak lahir. Pekerjaan yang paling sederhana dilakukan oleh mata adalah mengetahui keadaan lingkungan sekitarnya apakah terang atau gelap. Dengan kata lain mata memberikan pengertian visual untuk mengenali perubahan sinar dan warna.
         Penglihatan yang baik adalah penglihatan yang dihasilkan dari suatu bayangan, dari suatu objek yang diterima oleh retina yang ada di mata bagian belakang melalui suatu sistem optik. Sistem Optik terdiri dari: kornea, pupil, iris, lensa dan saraf optik.Jika semua komponen itu baik maka objek yang ditangkap retina adalah objek yang bisa dilihat dengan tajam dan jelas.
          Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebut retina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda kepada mata. Lensa mata merupakan lensa yang kenyal dan fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan objek yang dilihat. Kemampuan mata untuk menyesuaikan diri terhadap objek yang dilihat dinamakan daya akomodasi mata.
          Saat mata melihat objek yang dekat, lensa mata akan berakomodasi menjadi lebih cembung agar bayangan yang terbentuk jatuh tepat di retina. Sebaliknya, saat melihat objek yang jauh, lensa mata akan menjadi lebih pipih untuk memfokuskan bayangan tepat di retina. Tetapi sering pada umumnya mata tidak dipelihara dengan baik. Dalam hal ini kami ingin mencoba menganalisa sistem yang sedang berjalan di Optik Mutia.
          Optik Mutia merupakan Optik yang menjual berbagai jenis kacamata. Optik Mutia juga melayani konsultasi dan pemeriksaan  kelainan mata. Dalam pengolahan data pada sistem  pemeriksaan, konsultasi dan penjualannya masih terdapat kekurangan-kekurangan. Maka perlu upaya untuk peningkatan sistem ke arah yang lebih baik. Untuk itu penulis mencoba mengambil judul : " Analisa Penjualan Kacamata Pada Optik Mutia".

1.2    Maksud dan Tujuan
     Maksud dari penulisan laporan kuliah kerja praktek sebagai berikut :
a.      Sebagai wujud nyata riset yang dilakukan oleh penulis.
b.    Untuk menambah wawasan bagi mahasiswa tentang sistem penjualan pada
     sebuah perusahaan.
c.     Mahasiswa dapat mengetahui dan mempelajari lebih jauh tentang
proses pemeriksaan mata.
d.    Mahasiswa dapat mengetahui proses dan bebaga jenis kelainan mata.
e.    Untuk memberikan sumbangan pikiran dan memperbaharui sistem.
 Adapun tujuan penulisan Kulia Kerja Praktek (KKP) ini adalah untuk memenuhi mata kuliah kerja praktek pada Program Diploma III (D3) untuk jurusan Manajemen Informatika di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI).
1.3    Metode Penelitian
Metode atau teknik yang digunakan penulis dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja          Praktek ini adalah menggunakan metode :
a.     Observasi (pengamatan langsung)
Menurut Hartono(2005:623), ”Observasi adalah penagamatan langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan”.
Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara langsung melihat kegiatan yang dilakukan oleh pegawai.
b.    Interview (Wawancara)
Interview adalah melakukan proses tanya jawab dengan seorang atau beberapa narasumber ditempat atau lokasi objek penelitian dilakukan sesuai dengan kebutuhan penulis.
c.     Studi Pustaka
Dalam metode ini penulis mengambil semua bentuk karangan buku – buku yang ditunjuk sebagai referensi yang berhubungan dalam penyusunan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini untuk mempelajari data yang telah dirangkum.

1.4    Ruang Lingkup
Pada penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini penulis membatasi tentang pembahasan sistem penjualan kacamata di Optik Mutia. Pembahasan hanya lima proses, yaitu:
1.      Proses pemesanan
2.      Proses pemeriksaan
3.      Proses pembayaran
4.      Proses pengambilan
5.      Proses pembuatan laporan

1.5  Sistematika Penulisan
        Untuk mempermudah pemahaman dari kajian Laporan Kuliah Kerja Praktek ini serta pencapaian sasaran penelitian maka penulis menyajikan uraian–uraian berupa sistematika. Untuk itu penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini terbagi dalam 4 bab yang tesusun dan dibahas secara berurutan sebagai berikut:

BAB I     PENDAHULUAN
Bab ini berisi umum, maksud dan tujuan, metode penelitian, ruang  lingkup dan sistematika penulisan.
       BAB  II   LANDASAN TEORI
Membahas tentang konsep dasar sistem dan peralatan pendukung pada  sistem yang dibahas. 
       BAB  III  ANALISA SISTEM BERJALAN
Bab ini berisi tentang tinjauan umum perusahaan berdasarkan hasil  penelitian penulis, sekilas pengenalan perusahaan mulai struktur organisasi sampai fungsinya, prosedur sistem berjalan, Diagram Alir Data (DAD), kamus data, spesifikasi sistem berjalan yang terdiri dari, spesifikasi dokumen masukan dan keluaran.

       BAB IV   PENUTUP
Bab ini berisikan tentang garis besar penjelasan, kesimpulan, serta saran-saran didalam penelitian Laporan Kuliah Kerja Praktek

No comments:

Post a Comment

Pengalaman pecah Kartu Keluarga (KK) DKI Jakarta bagi Kepala Keluarga baru (Update Kartu Keluarga Format Baru)

Selamat siang,mohon di baca sampai habis ya, karena ada informasi penting di akhir biar tidak salah dalam penyiapan dokumen. Hari in...